Implementasi Kebijakan Akreditasi Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pelayanan Akademik Di SMA Negeri 5 Kabupaten Ogan Komering Ulu

  • Een Endasari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
  • Sulastri Sulastri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
Keywords: Implementasi, Akreditasi Sekolah, Mutu Pelayanan Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan akreditasi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan akademik di SMA Negeri 5 Kabupaten Ogan Komering Ulu. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan akreditasi telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas manajemen sekolah, profesionalisme guru, dan efektivitas proses pembelajaran. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana, serta belum optimalnya partisipasi warga sekolah dalam memenuhi standar akreditasi. Upaya perbaikan terus dilakukan melalui evaluasi internal, penguatan kapasitas sumber daya manusia, dan peningkatan sistem administrasi akademik. Dengan demikian, kebijakan akreditasi berperan penting sebagai instrumen penjaminan mutu yang mendorong sekolah menuju tata kelola pendidikan yang lebih transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan kualitas layanan akademik.

References

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. (2020). Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah (IASM) Jenjang SMA/MA Tahun 2020. Jakarta: BAN-S/M.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & SaldaƱa, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Slamet, P. H. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan: Konsep dan Aplikasi di Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2024-05-30
How to Cite
Een Endasari, & Sulastri, S. (2024). Implementasi Kebijakan Akreditasi Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pelayanan Akademik Di SMA Negeri 5 Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi (Junaidi), 4(1), 39-46. Retrieved from https://ejournal.stiabpd.ac.id/index.php/junaidi/article/view/51