Implementasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin

  • L. Syaidiman M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
  • Randi Akat Jaya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
Keywords: Program BOS, Kualitas Pembelajaran, SMK, Implementasi Kebijakan, Dana Block Grant, Musi Banyuasin.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Lawang Wetan, Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus, data diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Sekolah, Bendahara BOS, guru produktif, dan Komite Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas implementasi BOS bersifat parsial. Pada tahap perencanaan, penyusunan RKAS telah partisipatif, namun dana lebih banyak terserap untuk operasional rutin dibanding pengadaan alat praktik. Pada pelaksanaan, BOS efektif mendukung kegiatan operasional dan peningkatan kompetensi guru, tetapi belum optimal sebagai dana investasi. Dampaknya, kualitas pembelajaran meningkat melalui ketersediaan bahan praktik dan pelatihan guru, meski sarana utama masih terbatas. Disimpulkan bahwa BOS berperan penting dalam mendukung operasional dan profesionalisme guru, namun diperlukan pendanaan tambahan khusus untuk sarana praktik SMK.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, B. (2018). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Dunn, W. N. (2018). Public Policy Analysis: An Integrated Approach (6th ed.). Routledge.
Fajrin, S. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 13(2), 150-165.
Fitriani, Y. (2020). Manajemen Keuangan Sekolah dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOS. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 77-89.
Handoko, H. (2018). Manajemen (Edisi Kedua). Yogyakarta: BPFE.
Hardiyanto, D. (2019). Dampak Kebijakan BOS Terhadap Kualitas Sarana Prasarana Praktik di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 201-215.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pressman, J. L., & Wildavsky, A. (1973). Implementation. University of California Press.
Rifai, S. (2020). Evaluasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pendekatan Kebijakan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 1-12.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The policy implementation process: A conceptual framework. Administration & Society, 6(4), 445-488.
Wahab, S. A. (2017). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-11-30
How to Cite
L. Syaidiman M, & Randi Akat Jaya. (2023). Implementasi Kebijakan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi (Junaidi), 3(2), 81-92. Retrieved from https://ejournal.stiabpd.ac.id/index.php/junaidi/article/view/54