Implementasin Kebijakan Anggaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar Di Kabupaten Ogan Ilir

  • Akhmad Mustain Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
  • Ahmad Sukri Hasan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
Keywords: Implementasi Kebijakan, Anggaran Pendidikan, Kualitas Pelayanan, Pendidikan Dasar, Ogan Ilir.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kebijakan anggaran dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dasar di Kabupaten Ogan Ilir. Kebijakan anggaran di sektor pendidikan berperan penting dalam pemerataan serta peningkatan mutu pendidikan dasar, terutama di era otonomi daerah. Penelitian ini berfokus pada empat aspek implementasi kebijakan menurut model George C. Edward III, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi pelaksana, dan struktur birokrasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap pejabat Dinas Pendidikan, kepala sekolah, serta tenaga kependidikan di Kabupaten Ogan Ilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan anggaran pendidikan dasar belum berjalan optimal. Komunikasi antara pemerintah daerah dan sekolah masih terkendala koordinasi serta keterlambatan informasi pencairan dana. Keterbatasan tenaga administrasi dan kemampuan pengelolaan keuangan juga menjadi hambatan. Meskipun terdapat komitmen positif dari pihak sekolah untuk meningkatkan mutu layanan, dukungan fasilitas masih kurang memadai. Struktur birokrasi yang hierarkis turut memperlambat proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, keberhasilan implementasi kebijakan anggaran sangat bergantung pada komunikasi yang efektif, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan reformasi birokrasi yang transparan serta akuntabel

References

Dunn, W. N. (2018). Public policy analysis: An integrated approach. New York: Routledge.
Edward III, G. C. (1980). Implementing public policy. Washington D.C.: Congressional Quarterly Press.
Fadilah, S. (2019). Implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Publik, 6(1), 77–90.
Fitriani, D. (2021). Implementasi kebijakan anggaran pendidikan dalam meningkatkan mutu sekolah dasar di Kabupaten Bandung. Jurnal Kebijakan Publik dan Administrasi Negara, 9(2), 101–115.
Hartono, B. (2022). Efektivitas penggunaan anggaran pendidikan terhadap kualitas layanan pendidikan dasar. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Pendidikan, 13(3), 189–203.
Lestari, Y. (2021). Penerapan model implementasi George C. Edward III dalam kebijakan pendidikan daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 7(4), 275–290.
Mardiasmo. (2018). Akuntansi sektor publik. Yogyakarta: Andi.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugroho, R. (2017). Public policy: Dinamika kebijakan, analisis kebijakan, manajemen kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nuraini, T., & Rahmawati, D. (2022). Analisis kebijakan anggaran pendidikan di pemerintah daerah: Perspektif good governance. Jurnal Akuntansi dan Kebijakan Publik, 4(1), 1–12.
Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021–2026 Kabupaten Ogan Ilir.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Pratama, A., & Sari, M. (2020). Analisis implementasi kebijakan publik dengan model George C. Edward III pada pengelolaan dana BOS. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 8(1), 55–68.
Rahman, M. (2020). Hubungan implementasi anggaran dan kinerja pelayanan publik di sektor pendidikan. Jurnal Administrasi Negara, 12(1), 88–102.
Ramadhan, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di sektor pendidikan. Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan, 5(2), 133–148.
Sedarmayanti. (2019). Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi, dan manajemen pegawai negeri sipil. Bandung: Refika Aditama.
Subarsono, A. G. (2013). Analisis kebijakan publik: Konsep, teori, dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparmoko, M. (2019). Ekonomi publik untuk keuangan dan pembangunan daerah. Yogyakarta: BPFE.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
Winarno, B. (2016). Kebijakan publik: Teori, proses, dan studi kasus. Yogyakarta: CAPS.
Published
2022-05-26
How to Cite
Akhmad Mustain, & Ahmad Sukri Hasan. (2022). Implementasin Kebijakan Anggaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan Dasar Di Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi (Junaidi), 2(1), 1-12. Retrieved from https://ejournal.stiabpd.ac.id/index.php/junaidi/article/view/58