Dampak Pemberian Tunjangan Profesi Kinerja Guru Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Mengajar Di SD Negeri Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Pali

  • Mawaddah Mawaddah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
  • Maria Veronica Astrid Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bala Putra Dewa
Keywords: Tunjangan Profesi Guru (TPG), Motivasi Mengajar, Kinerja Guru, Kualitas Pendidikan, Regresi Linier Sederhana

Abstract

Penelitian ini membahas dampak pemberian tunjangan profesi terhadap kinerja guru dalam meningkatkan motivasi mengajar di SD Negeri Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI. Tunjangan profesi merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada guru yang telah memenuhi kualifikasi dan sertifikasi profesional, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan sekaligus mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam konteks ini, motivasi mengajar menjadi aspek penting karena menentukan sejauh mana guru bersemangat dan berkomitmen dalam melaksanakan tugas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan penyebaran kuesioner kepada guru-guru penerima tunjangan profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tunjangan profesi memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi mengajar. Guru merasa lebih dihargai, memiliki semangat kerja yang lebih tinggi, dan berusaha mengembangkan kompetensi pedagogik serta profesionalnya. Selain itu, tunjangan profesi juga berdampak pada peningkatan tanggung jawab, disiplin, dan inovasi dalam proses pembelajaran. Namun demikian, masih ditemukan beberapa kendala seperti keterlambatan pencairan tunjangan dan kurangnya pengawasan terhadap penggunaan dana tersebut. Secara keseluruhan, tunjangan profesi terbukti menjadi faktor signifikan dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru, sehingga perlu terus dioptimalkan melalui kebijakan pendidikan yang berkeadilan dan berkelanjutan

References

Aini, S. N. (2020). Pengaruh Tunjangan Profesi Guru dan Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 45-58.
Dewi, P. K., & Sujana, I. W. (2021). Peran Motivasi Kerja dalam Memediasi Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 160-175.
Hadi, S. (2018). Implementasi Kebijakan Tunjangan Profesi Guru dan Dampaknya pada Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Bina Ilmu.
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25-33.
Kurniawan, A. (2018). Tunjangan Profesi, Pendidikan Dan Latihan Profesi (PLPG) Dalam Kinerja Guru SMA. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 324-335.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor.
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Komunikasi, 1(1), 1-10.
Rini, S., & Sugiyanto, F. X. (2020). Evaluasi Program Sertifikasi dan Dampaknya Terhadap Profesionalisme Guru di Kabupaten PALI. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78.
Sartono, E. (2020). Analisis Pengaruh Tunjangan Profesi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Swasta Kota Palembang. Tesis Magister Pendidikan. Universitas Sriwijaya.
Sopiatun. (2022). Pengaruh Kesejahteraan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 120-135.
Subagia, R. (2019). Peranan Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Kinerja Mengajar: Studi Kasus di Kabupaten PALI. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 11(2), 88–101.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriadi, U. (2017). Dampak Implementasi Kebijakan Tunjangan Profesi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 10(2), 1-15.
Suryani, W., & Yuniarti, R. (2021). Hubungan Antara Motivasi Mengajar dan Kualitas Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 9(3), 201-215.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Uno, H. B. (2015). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Edisi Kelima). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Wijaya, K., & Arifin, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Tunjangan Profesi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 3(2), 70-85.
Yusuf, M. (2020). Tinjauan Kritis Terhadap Efektivitas Tunjangan Profesi Guru Dalam Mencapai Tujuan Profesionalisme. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 40-52.
Published
2022-05-26
How to Cite
Mawaddah, M., & Maria Veronica Astrid. (2022). Dampak Pemberian Tunjangan Profesi Kinerja Guru Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Mengajar Di SD Negeri Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Pali. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Informasi (Junaidi), 2(1), 35-44. Retrieved from https://ejournal.stiabpd.ac.id/index.php/junaidi/article/view/61